-->

follow us

Tips Cek Kondisi Hard Disk di Windows

Salah satu komponen komputer yang punya peranan penting adalah hard disk. Kita harus perhatikan kondisi kesehatan hard disk tapi banyak orang yang belum mengetahui cara merawat hard disk dengan benar.

Hard disk adalah komponen komputer, berfungi sebagai media penyimpanan yang sangat penting peranannya pada komputer. Akan tetapi, saat ini banyak orang yang buka usaha warnet dan game center sudah tidak menggunakan hard disk lagi karena adanya jaringan diskless.
Hard Disk via http://www.pcguide.com
Bagi kamu yang masih tetap menggunakan komputer di rumah, tentunya tidak dapat menggunakan diskless. Jadi, harus merawat hard disk dengan baik agar tidak cepat rusak. 

Defrag adalah salah satu caranya untuk merawat hard disk. Selain itu, hard disk jangan sampai terjatuh ataupun terbanting dan masih banyak lagi. 

Kali ini, Teknisi Warnet akan berbagi cara cek kondisi hard disk, apakah kondisi hard disk baik atau tidak, punya bad sector.

Cara Cek Kondisi Kesehatan Hard Disk di Windows

Untuk mengecek kondisi kesehatan hard disk, kita menggunakan aplikasi bawaan Windows yaitu Command Prompt (CMD). Cek kondisi hard disk ini bisa kamu gunakan di Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.

1. Buka program Command Prompt, tekan tombol Start - All Programs - Accesories  kemudian pilih Command Prompt.

2. Setelah jendela hitam muncul, ketik perintah “wmic diskdrive get status” kemudian Enter. 

3. Jika muncul tulisan OK, berarti kondisi hard disk baik dan sebaliknya.

Selain muncul tulisan OK, berarti kondisi hard disk Anda terjadi kerusakan ataupun terjadi masalah. Oleh karena itu, kamu sebaiknya selalu melakukan backup data secara rutin.

Dengan mengecek kondisi kesehatan hard disk secara rutin memungkinkan kita untuk mengetahui kondisinya dan mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kamu punya pengalaman pahit karena hard disk bad sector, rusak atau lainnya? Silahkan berikan komentar dibawah.

You Might Also Like: